Eskimo dan Serigala

17 Oct

Suku Eskimo di kutub utara memiliki cara yang unik tetapi kurang ber-‘perikebinatangan’ dalam membunuh serigala.

Suku Eskimo biasanya menyiapkan pisau yang sangat tajam, merendamnya dalam darah, lalu membuatnya beku. Selanjutnya mereka menguburkan gagang pisau tersebut dengan bagian yang tajam berlumur darah beku menghadap ke atas.

Serigala yang tertarik dengan bau darah, lalu datang mendekati dan mulai menjilat darah di pisau tsb. Udara dingin membuat lidah serigala kebas, sehingga ia tidak sadar sedang menjilati pisau yang tajam.

Ketika lidahnya sendiri mulai berdarah, serigala menjilat lebih cepat lagi, sehingga darahnya makin banyak keluar, yang akhirnya membuatnya mati kehabisan darah.

Dalam dunia keuangan dan investasi dikenal istilah ‘no free lunch’, tidak ada yang gratis. Berhati-hatilah terhadap yang kelihatannya mudah dalam mendapatkan keuntungan. Tidak ada imbal hasil besar tanpa diimbangi risiko di baliknya.

Demikian juga dalam kehidupan sehari-hari, kita harus berhati-hati terhadap segala sesuatu yang terlihat sangat mudah, instan, gratis, atau menjanjikan kenikmatan dan kemudahan sejenak. Sangat mungkin tersimpan risiko yang harus diwaspadai di belakangnya.

Godaan minuman keras, narkoba, free sex, dll adalah sedikit contoh betapa kenikmatan sesaat begitu mudah memikat generasi muda.

Percayalah, dalam kebanyakan kasus di kehidupan kita sehari-hari, kita harus berusaha secara keras dan cerdas, baru berhak mendapatkan apa yang kita inginkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: