Cerita Sang Raja..

5 Sep

Seorang raja memerintah dengan baik. Setiap urusan ketatanegaraan ia lakukan dengan teliti. Tidak ada satu pun hal yang luput dari dari perhatian dan campur tangannya. Setiap masalah ia selesaikan sendiri dan para abdi raja tinggal menjalankan titah sang raja.
Suatu hari sang raja sakit cukup berat, begitu parah sehingga ia tak lagi bisa memimpin seperti biasanya. Urusan kerajaan pun dari yang remeh hingga yang berat tidak terurus lagi. Tak ada satu pun abdi raja yang sanggup menggantikan peran sang raja walau hanya sementara bahkan untuk perkara yang ringan sekalipun.
Sang raja akhirnya sadar bahwa ia memimpin dengan baik tetapi ia bukanlah pemimpin yang baik. Karena pemimpin yang baik bukanlah orang yang hanya bisa menghasilkan sesuatu yang baik saat ia memimpin, tetapi pemimpin yang baik adalah orang yang dapat membuat semua yang dipimpinnya berfungsi dengan baik bahkan saat sang pemimpin tiada.
Semua itu disadari sang raja dan saat ia mencari penyebabnya, ia menyadari semua terjadi karena keinginannya untuk selalu memimpin dan semua harus di bawah komandonya. Sebuah kata yang terdiri atas 3 huruf: AKU (EGO) yang dapat meruntuhkan sebuah kata yang dicarinya: KEBERHASILAN.
Sometimes to get what you want the most, you have to do what you want the least. (Jodi Picoult)
Belajar dari yang berlalu, Bermawas pada saat ini, & Berkesadaran menyongsong esok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: